Jumat, 06 Juni 2014

tulisan ilmiah



Pengaruh Marketing Mix Terhadap Peningkatan Penjualan Mobil Pada Family Motor Tangerang
Diajukan guna melengkapi syarat-syarat untuk mencapai
Gelar Sarjana Muda Jurusan Manajemen jenjang Strata Satu
Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma

Nama                           :   Rommy Adrian Dwi Putra
NPM                           :   16210232
Jurusan                        :   Manajemen
Pembimbing                :   Estiningsih, S.E., M.M.

FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS GUNADARMA
JAKARTA
2013





1.1  Latar Belakang

            Pada saat ini kebutuhan masyarakat terhadap kendaraan semakin meningkat. Berdasarkan data kompas.com,  diketahui pada tahun 2010 jumlah penjualan mobil di Indonesia sebanyak 763.751 unit dan tahun 2011 meningkat menjadi  880.000 unit .Kenaikan jumlah penjualan mobil mencerminkan kenaikan permintaan mobil di pasar.
Saat ini ada berbagai merek mobil yang beredar di Indonesia, baik merek mobil dari Asia seperti Jepang, Korea maupun merek mobil dari Eropa dan Amerika. Dalam perkembangannya mobil Jepang masing memegang pangsa pasar terbesar. Berdasarkan sumber dari detik.com mobil Jepang menguasai 60% pasar mobil di Indonesia.
Pelaku di pasar mobil  adalah distributor, agen sampai dengan showroom  mobil. Showroom mobil adalah  pelaku di pasar mobil yang dapat menciptakan pasar sendiri, dengan menyediakan berbagai jenis mobil. Sehingga konsumen yang tidak mampu untuk memperoleh mobil dari dealer dapat memperoleh melalui showroom. Varian mobil yang ditawarkan moulai dari kelas sedan sampai dengan mobil niaga dengan kondisi antara 70%-80%, yang dapat dibeli secara tunai maupun kredit.
Showroom mobil juga didukung oleh lembaga keuangan yang membantu pihak showroom maupun konsumen dalam melakukan transaksi. Dengan ikut sertanya lembagakeuangan baik bank maupun lembaga pembiayaan maka dapat menigkatkan volume penjualan.
Family Motor adalah showroom mobil yang berada di Tangerang. Pada saat ini di Tangerang terdapat 480 showroom dari tanggerang kota hingga Tanggerang Selatan. Melihat jumlah showroom yang banyak, Family Motor memposisikan diri menjual atau menyediakan mobil Jepang keluaran tahun 2000an, dengan pertimbangan pasar mobil paling besar, biaya perawatan relatif murah, suku cadang banyak tersedia dan harganya relatif stabil.
Selain itu untuk bisa bertahan diperlukan strategi pemasaran yang tepat. Dalam buku “Marketing Insights from A to Z”, Kotler mengungkapkan bahwa mencari dan menarik pelanggan baru memerlukan biaya waktu lebih lama dibandingkan dengan memelihara atau
  


BAB II
LANDASAN TEORI
2.1       Kerangka Penelitian
2.1.1    Definisi Marketing Mix
Marketing mix merupakan inti sistem pemasaran perusahaan. Marketing mix adalah kombinasi di empat variabel atau kegiatan yang merupakan inti di sistem pemasaran perusahaan yaitu produk, struktur harga, kegiatan promosi dan sistem distribusi. Strategi lain yang digunakan perusahaan untuk mempertahankan konsumen dengan peningkatan di segi kepuasan konsumen, kualitas produk, pertahanan merk, penetapan harga hingga kebijakan pemasaran yang mengarah pada keputusan pembelian konsumen.
Dengan strategi Marketing mix diharapkan dapat meningkatkan loyalitas sehingga mempengaruhi keputusan pembelian, sedangkan untuk menarik minat konsumen agar membeli, perusahaan menggunakan alat promosi untuk memperkenalkan produknya kepada konsumen agar konsumen tertarik untuk membeli produk. Kegiatan promosi yang dijalankan dengan baik akan membantu perusahaan untuk dapat menguasai pasar di suatu produk tertentu yang pada akhirnya dapat meningkatkan volume penjualan. Penjualan tidak dapat terlaksana sesuai apa yang diharapkan jika tidak dilakukan komunikasi secara persuasif baik secara langsung maupun tidak langsung.
Menurut American Society for Quality Control, kualitas adalah “the totality of features and characteristics of a product or service that bears on its ability to satisfy given needs”, artinya keseluruhan ciri dan karakter-karakter dari sebuah produk atau jasa yang menunjukkan kemampuannya untuk memuaskan kebutuhan yang tersirat. Definisi ini merupakan pengertian kualitas yang berpusat pada konsumen sehingga 

BAB III
METODE PENELITIAN

3.1 Objek Penelitian
            Objek penelitian ini adalah Family Motor showroom mobill bekas yang beralamat di Jl.Gatot Subroto Km.5 Jatiuwung Tanggerang
3.2Data dan Variabel Penelitian
3.2.1 Data Penelitian
Data yang digunakan dalam penelitian ini ada 2(dua) yaitu:
1. Data Primer
Data yang diperoleh secara langsung dan memberikan kuesioner kepada konsumen yang membeli di Family Motor (showroom mobil bekas) Jl Gatot Subroto Km5.Jatiuwung Tanggerang .
2. Data Sekunder
Data yang diperoleh dari berupa buku-buku dan literature pendukung
3.2.2 Variabel Penelitian
            Pengertian Variabel secara umum adalah suatu besaran yang dapat diubah atau berubah sehingga mempengaruhi peristiwa atau hasil penelitian. Dengan menggunakan variabel, kita akan memperoleh lebih mudah memahami permasalahan.
 Hal ini dikarenakan kita seolah-olah sudah mendapatkan jawabannya.Variabel Penelitian menurut Hatch dan Forhady (1981) mengartikan bahwa “Secara teoritis
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar