Pengaruh Marketing Mix Terhadap Peningkatan
Penjualan Mobil Pada Family Motor Tangerang
Diajukan
guna melengkapi syarat-syarat untuk mencapai
Gelar
Sarjana Muda Jurusan Manajemen jenjang Strata Satu
Fakultas Ekonomi
Universitas Gunadarma
Nama : Rommy Adrian Dwi Putra
NPM : 16210232
Jurusan : Manajemen
Pembimbing : Estiningsih, S.E., M.M.
FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS
GUNADARMA
JAKARTA
2013
1.1 Latar Belakang
Pada saat ini kebutuhan masyarakat
terhadap kendaraan semakin meningkat. Berdasarkan data kompas.com, diketahui pada tahun 2010 jumlah penjualan
mobil di Indonesia sebanyak 763.751 unit dan tahun 2011 meningkat menjadi 880.000 unit .Kenaikan jumlah penjualan mobil
mencerminkan kenaikan permintaan mobil di pasar.
Saat
ini ada berbagai merek mobil yang beredar di Indonesia, baik merek mobil dari
Asia seperti Jepang, Korea maupun merek mobil dari Eropa dan Amerika. Dalam
perkembangannya mobil Jepang masing memegang pangsa pasar terbesar. Berdasarkan
sumber dari detik.com mobil Jepang menguasai 60% pasar mobil di Indonesia.
Pelaku
di pasar mobil adalah distributor, agen
sampai dengan showroom mobil. Showroom
mobil adalah pelaku di pasar mobil yang
dapat menciptakan pasar sendiri, dengan menyediakan berbagai jenis mobil.
Sehingga konsumen yang tidak mampu untuk memperoleh mobil dari dealer dapat
memperoleh melalui showroom. Varian mobil yang ditawarkan moulai dari kelas
sedan sampai dengan mobil niaga dengan kondisi antara 70%-80%, yang dapat
dibeli secara tunai maupun kredit.
Showroom
mobil juga didukung oleh lembaga keuangan yang membantu pihak showroom maupun
konsumen dalam melakukan transaksi. Dengan ikut sertanya lembagakeuangan baik
bank maupun lembaga pembiayaan maka dapat menigkatkan volume penjualan.
Family
Motor adalah showroom mobil yang berada di Tangerang. Pada saat ini di
Tangerang terdapat 480 showroom dari tanggerang kota
hingga Tanggerang Selatan. Melihat jumlah showroom yang banyak, Family Motor
memposisikan diri menjual atau menyediakan mobil Jepang keluaran tahun 2000an,
dengan pertimbangan pasar mobil paling besar, biaya perawatan relatif murah,
suku cadang banyak tersedia dan harganya relatif stabil.
Selain itu untuk bisa bertahan diperlukan strategi pemasaran yang
tepat. Dalam buku “Marketing Insights from A to Z”, Kotler mengungkapkan bahwa
mencari dan menarik pelanggan baru memerlukan biaya waktu lebih lama
dibandingkan dengan memelihara atau
BAB II
LANDASAN TEORI
2.1 Kerangka Penelitian
2.1.1 Definisi Marketing Mix
Marketing mix merupakan inti sistem pemasaran
perusahaan. Marketing mix adalah
kombinasi di empat variabel atau kegiatan yang merupakan inti di sistem
pemasaran perusahaan yaitu produk, struktur harga, kegiatan promosi dan sistem
distribusi. Strategi lain yang digunakan perusahaan untuk mempertahankan
konsumen dengan peningkatan di segi kepuasan konsumen, kualitas produk,
pertahanan merk, penetapan harga hingga kebijakan pemasaran yang mengarah pada
keputusan pembelian konsumen.
Dengan strategi Marketing
mix diharapkan dapat meningkatkan loyalitas sehingga mempengaruhi keputusan
pembelian, sedangkan untuk menarik minat konsumen agar membeli, perusahaan
menggunakan alat promosi untuk memperkenalkan produknya kepada konsumen agar
konsumen tertarik untuk membeli produk. Kegiatan promosi yang dijalankan dengan
baik akan membantu perusahaan untuk dapat menguasai pasar di suatu produk
tertentu yang pada akhirnya dapat meningkatkan volume penjualan. Penjualan
tidak dapat terlaksana sesuai apa yang diharapkan jika tidak dilakukan
komunikasi secara persuasif baik secara langsung maupun tidak langsung.
Menurut American Society for Quality Control, kualitas
adalah “the totality of features and
characteristics of a product or service that bears on its ability to satisfy
given needs”, artinya keseluruhan ciri dan karakter-karakter dari sebuah
produk atau jasa yang menunjukkan kemampuannya untuk memuaskan kebutuhan yang
tersirat. Definisi ini merupakan pengertian kualitas yang berpusat pada
konsumen sehingga
BAB III
METODE PENELITIAN
3.1 Objek Penelitian
Objek penelitian
ini adalah Family Motor showroom mobill bekas yang beralamat di Jl.Gatot
Subroto Km.5 Jatiuwung Tanggerang
3.2Data dan Variabel
Penelitian
3.2.1 Data Penelitian
Data yang digunakan dalam penelitian ini ada 2(dua) yaitu:
1. Data
Primer
Data
yang diperoleh secara langsung dan memberikan kuesioner kepada konsumen yang
membeli di Family Motor (showroom mobil bekas) Jl Gatot Subroto Km5.Jatiuwung
Tanggerang .
2. Data
Sekunder
Data
yang diperoleh dari berupa buku-buku dan literature pendukung
3.2.2 Variabel Penelitian
Pengertian
Variabel secara umum adalah suatu besaran yang dapat diubah atau berubah
sehingga mempengaruhi peristiwa atau hasil penelitian. Dengan menggunakan
variabel, kita akan memperoleh lebih mudah memahami permasalahan.
Hal ini dikarenakan kita
seolah-olah sudah mendapatkan jawabannya.Variabel Penelitian menurut Hatch dan Forhady (1981) mengartikan bahwa “Secara teoritis
Tidak ada komentar:
Posting Komentar